HEADROOM

Tips dan cara untuk mengatasi Self-harm

15 Maret 2019 • Bacaan 6 menit

Apa itu self-harm?

Self-harm adalah sebuah tindakan dimana seseorang dengan sengaja melukai tubuhnya sendiri tanpa bermaksud untuk menghilangkan nyawa. Berikut termasuk contoh dari self-harm:

  • Menyayat atau menggaruk kulit secara berlebihan
  • Meminum obat melebihi dosis, meminum zat beracun atau zat lain yang tidak seharusnya
  • Membakar atau menyiram tubuh dengan cairan panas
  • Memukul tubuh dengan benda atau bagian tubuh lain
  • Menggaruk atau mencubit kulit
  • Menjambak rambut
  • Menusukkan sesuatu pada kulit
  • Mencegah penyembuhan luka dengan sengaja

Self-harm juga termasuk kebiasaan menyakiti diri secara tidak langsung, seperti melakukan hubungan seksual yang tidak aman, mengemudi dengan semboro, pesta minuman keras dan menggunakan obat-obatan secara berlebihan.

Walaupun self-harm tidak bisa disamakan dengan percobaan bunuh diri, orang-orang yang melakukannya lebih mungkin memiliki pikiran untuk bunuh diri atau sebelumnya pernah melakukan percobaan bunuh diri. Seiring waktu, orang-orang yang melakukan self-harm lebih berisiko tinggi meninggal karena bunuh diri. Ini dikarenakan self-harm bisa membuat ketagihan. Selain itu, orang-orang yang berulang kali melakukan self-harm lebih mungkin merasa terperangkap, putus asa dan kesepian.

Mengapa orang-orang melukai diri mereka sendiri?

Orang-orang dari berbagai latar belakang, gaya hidup, jenis kelamin dan umur mungkin melakukan self-harm sebagai cara untuk mengatasi masalah. Sefl-harm seringkali merupakan satu-satunya jalan yang diketahui orang-orang untuk:

  • Mengatasi perasan seperti kemarahan, kesedihan, kekosongan, dan perasaan bersalah. Perasaan ini sering dihubungkan dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan
  • Mengurangi perasaan kesepian atau terisolasi
  • Menghukum diri karena sesuatu yang mereka lakukan atau sesuatu yang mereka rasa adalah salah mereka
  • Mengekspresikan perasaan yang tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata. Contohnya, self-harm mungkin merupakan cara untuk memberitahu orang-orang bahwa mereka butuh dukungan.
  • Mengurangi perasaan sakit atau tekanan
  • Mengalihkan diri dari situasi atau emosi yang menyulitkan (contohnya putus hubungan, baru saja menerima kekerasan, atau mengatasi kedukaan)
  • Merasa dipenuhi kehidupan untuk melawan mati rasa
  • Merasa lebih dapat mengontrol hidup mereka

Cara mengatasi self-harm

1. Berbicara dengan seseorang

Ini merupakan langkah tersulit, karena ini mengharuskan kamu untuk berbicara tentang perasaan dan perilakumu. Tanyakan pada dirimu siapa orang yang membuatmu merasa diterima dan mendukungmu, tapi ini tidak harus seseorang yang dekat denganmu. Terkadang lebih mudah berbicara pada dokter, konselor, guru atau bahkan layanan gawat darurat.

2. Kenali pemicu perilaku self-harm yang kamu lakukan

Ini merupakan langkah penting menuju kesembuhan, sehingga kamu dapat mempelajari cara untuk menghindari dan menghadapi situasi tersebut.

3. Menemukan strategi koping lainnya

Ini mudah dilakukan, kamu hanya perlu menunggu 15 menit dan melihat apakah keinginan untuk melakukan self-harm hilang. Bagaimanapun, jika kamu telah mengidentifikasi pemicunya, ini akan memudahkanmu menemukan strategi koping khusus, seperti:

  • Jika kamu melakukan self-harm untuk mengekspresikan perasaan sakit dan emosi yang intens, kamu dapat menemukan cara lain untuk mengekspresikannya (contohnya seperti melukis, mendengarkan music, atau menuliskan isi pikiran dan perasaanmu).
  • Jika kamu melakukan self-harm untuk menenangkan diri, cobalah untuk mandi, memijat tubuhmu, menjaga tubuhmu tetap hangat, mendengarkan music yang menenangkan, memeluk seseorang atau hewan.
  • Jika kamu melakukan self-harm karena merasa mati rasa, cobalah untuk berbicara pada teman atau keluargamu, mandi air dingin, atau makan makanan dengan rasa yang kuat.
  • Jika kamu melakukan self-harm untuk melepaskan ketegangan, cobalah berolahraga, meninju bantal sebagai gantinya, memegang sesuatu erat-erat, mengeluarkan suara keras, atau menyobekkan selembar kertas.

Ini bisa berupa aktivitas apapun, tapi selama kamu bisa mengalihkan perhatian dengan aktivitas lain, itu lebih baik daripada menyakiti dirimu sendiri.

4. Mencari bantuan professional

Temukan seorang spesialis yang bisa membantu pelaku self-harm. Tentu, kamu mungkin sudah melakukan semua strategi koping, tapi para profesional kesehatan mental ini ada untuk membantu kamu mempertahankan strategi tersebut dalam jangka panjang dan untuk mencegahmu melukai diri di masa depan.

Pelajari self-harm lebih lanjut di Seribu Tujuan

Sumber

HEADROOM

Tips on handling Self-harm

15 March 2019 • 6 minute read

What is Self-Harm?

Self-harm is when somebody intentionally harms their body without the intention of wanting to die. Examples of self-harm include:

  • Cutting or severely scratching the skin
  • Overdosing on medication, poisonous substances or other inappropriate objects
  • Burning or scalding yourself
  • Hitting the body with an external object or with other parts of your body
  • Scratching or picking the skin
  • Excessive hair pulling
  • Sticking objects onto your skin
  • Intentionally preventing wounds from healing

Self-harm may also include ways of hurting yourself that aren’t so obvious and physical. These include having unsafe sex, driving recklessly, binge drinking, and excessive drug taking.

Although self-harm is not the same as a suicide attempt, people who self-harm are more likely to have had suicidal thoughts or previous suicide attempts. Over time, people who self-harm may also be at increased risk of dying by suicide. This is because self-harming can become an addictive process. Moreover, those who repeatedly self-harm may feel more trapped, hopeless and lonely.

Why Do People Harm Themselves?

People from all backgrounds, lifestyles, genders and ages may experience self-harm as a way of dealing with problems. Self-harming is often the only way a person knows how to:

  • Cope and deal with feelings such as anger, sadness, emptiness, guilt. These feelings are often associated with mental health issues such as depression and anxiety.
  • Relieve feelings of loneliness or isolation
  • Punish themselves for something they’ve done or something they have perceived as their fault
  • Express feelings that cannot be put into words. For example, self-harm may be a way of communicating to people that they need their support
  • Relieve pain or tension
  • Distract yourself from difficult situations or emotions (e.g. relationship breakdown, recent abuse, dealing with grief)
  • Feel alive to combat feelings of numbness
  • Feel more in control of their life

How to Deal With Self-Harm

1. Talk to someone

This is the hardest step, because it requires you to talk about your feelings and behaviours. Ask yourself who in your life makes you feel accepted and supported, but this doesn’t necessarily have to be someone you are close to. Sometimes it’s easier to talk a doctor, counsellor, teacher or even a crisis line supporter.

2. Recognise your triggers

This is a vital step towards recovery so you can learn what situations you need to avoid and how to deal with these situations. If you’re finding it hard to pinpoint the exact feelings, it is also vital to work on the ability to identify and express your moment-to-moment emotions, and to understand the connection between your feelings and actions.

3. Find other coping strategies

This may simply be to wait for 15 minutes and seeing if the urge goes away. However, if you have identified your triggers, it may be easier to think of specific coping strategies:

  • If you self-harm to express pain and intense emotions, you could find other ways of expressing pain and emotions (e.g. painting, listening to music, writing down your thoughts and feelings).
  • If you self-harm to calm yourself, try taking a shower, massaging your body, keep yourself warm, listen to calming music, hug a person or animals
  • If you self-harm because you feel numb, try talking to a friend or family, take a cold shower, eat something with strong taste.
  • If you self-harm to release tension, try exercising, punching a pillow instead, holding tightly onto something, make some noise, tearing a sheet of paper apart.

It can be any sort of activity, but as long as you distract yourself with other activities, it’s better than harming yourself.

4. Get professional help

Find someone who specialises in helping someone who self-harms. Sure, you may have completed all these coping strategies, but these mental health professionals are there to help you maintain these strategies in the long run and to prevent future self-harming.

Learn more about self-harm at Seribu Tujuan

References

Cutting and Self-Harm. (2018). Retrieved from https://www.helpguide.org/articles/anxiety/cutting-and-self-harm.htm/

Self-Harm. (2019). Retrieved from https://www.lifeline.org.au/get-help/topics/self-harm

Self-harm and self-injury. (2019). Retrieved from https://www.youthbeyondblue.com/understand-what's-going-on/self-harm-and-self-injury

Sumber

Jessie W.
Blog Contributor