MEMBANTU DIRI SENDIRI

Psikolog vs Psikiater

MULAI

Mulai dari mana?

Jika kamu membaca ini, kamu telah melewati fase sulit - mengetahui bahwa kamu membutuhkan pertolongan adalah langkah pertama menuju pemulihan. Tetapi, kamu tidak sendirian dalam melewati fase pemulihan. Kesehatan mental merupakan sesuatu yang rumit dan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan. Mencari bantuan dari keluarga, teman, dan tenaga kesehatan profesional merupakan tahap awal dari proses pemulihan. Seperti kata Robert Frost, “Jalan keluar terbaik adalah dengan melewatinya”.

Psikolog vs Psikiater

Pada umumnya, psikiater merupakan tenaga medis (dokter) dengan keahlian khusus dan kualifikasi dalam mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit terkait dengan kondisi mental. Secara umum psikiater menangani pengobatan untuk orang dengan diagnosis gangguan mental (mental disorder). Pengobatan dilakukan dengan pendekatan biomedis yang didasari oleh ilmu medis.

Psikolog hampir sama dengan psikiater karena mereka sama-sama memiliki kualifikasi dan spesialisasi dalam penilaian kondisi psikologis, penanganan, dan pencegahan terkait dengan gangguan mental. Secara umum, psikolog dan psikiater sama-sama merupakan ahli dalam menangani kasus gangguan mental.

Berikut adalah perbedaan antara psikiater dan psikolog yang perlu dipahami:

  • Psikolog tidak bisa memberikan memberi resep obat, tetapi psikiater bisa
  • Psikolog cenderung lebih terlatih dalam tes psikologis
  • Terapi yang digunakan psikolog menggunakan pendekatan bio-psiko-sosial, sedangkan psikiater lebih menggunakan pendekatan medis