MEMBANTU DIRI SENDIRI

Perawatan dan Pengobatan: Farmakologis

MULAI

Depresi

Obat-obat antidepresan dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama:

Monoamine Oxidase Inhibitors (MAOIs): Monoamine Oxidase (MAO) memecahkan zat kimia di otak yang bernama serotonin dan norepinefrin (juga dikenal dengan noradrenalin). Norepinefrin bekerja sebagai respon terhadap stres (juga dikenal sebagai ‘hormon stres’. Selain itu, serotonin diperlukan untuk meregulasi emosi, nafsu makan, tidur, ingatan, keinginan seksual, dan fungsi secara umum – juga dikenal sebagai ‘zat kimia bahagia’. MAOIs bekerja secara efektif untuk memblok MAO. Obat ini memerlukan 14-21 hari untuk memberikan efek.

Efek samping: Efek samping serius antara lain adalah tekanan darah tinggi yang tidak normal, dimana orang tersebut harus menghindari Tyramine (terkandung dalam bir, anggur merah, keju). MAOIs hanya digunakan ketika obat lain tidak tersedia.

Obat trisiklik: Obat ini mempertahankan serotonin dan norepinefrin lebih lama di sistem tubuh kamu. Obat ini memerlukan 14-21 hari untuk memberikan efek.

Efek samping: Peningkatan risiko bunuh diri antara hari ke-10 dan 14, mulut kering, pandangan kabur, tremor, kerusakan pada otot jantung.

Selective Serotonin Reuptake Inhibitors: Ini adalah obat pilihan saat ini karena mereka lebih spesifik dibandingkan dua obat lainnya. Obat ini secara spesifik mempertahankan serotonin lebih lama di sistem tubuh kamu.

Efek samping: lebih sedikit dan lebih ringan, seperti insomnia, agitasi, mual, disfungsi seksual, kemungkinan resiko bunuh diri (terutama pada anak-anak dan remaja)

Keputusan yang kamu ambil mengenai antidepresan, apa yang ingin kamu konsumsi harus dikonsultasikan dengan dokter setelah pemeriksaan dan pertimbangan yang teliti. Setiap antidepresan memiliki efek sampingnya sendiri, sehingga terserah pada kamu untuk memutuskan efek samping mana yang kamu dapat mentoleransi. Ingat, semua orang itu berbeda!

Ansietas/Gangguan Kecemasan

Penelitian menunjukkan bahwa terapi psikologis adalah yang paling efektif untuk mengobati ansietas, tapi jika gejala ansietas kamu berat, pengobatan medis dapat membantu. Berikut ini adalah obat yang paling umum digunakan:

  • Antidepresan: Awalnya dikembangkan untuk mengobati depresi, tapi terkadang juga bisa membantu mengobati ansietas. Kita tahu bahwa kimia-kimia di otak kita berubah saat kami mengalami ansietas, sehingga antidepresan bisa digunakan untuk memulihkan keseimbangan pada sel saraf kita.
  • Beta-blocker: Lebih umum digunakan untuk masalah jantung dan tekanan darah, obat ini terkadang digunakan untuk mengobati fobia sosial. Beta-blocker memperlambat denyut jantung kamu ketika sedang stres berat, misalnya sedang tampil di depan umum. Namun, ada beberapa penelitian menunjukkan ketidak efektifannya sebagai solusi jangka panjang untuk mengobati ansietas.
  • Benzodiazepine: Sering disebut penenang ringan dan pil tidur, obat ini diresepkan untuk jangka pendek untuk membantu mengatasi gejala ansietas. Obat ini mendukung relaksasi dan mengurangi tegangan. Namun, jika digunakan dalam jangka panjang, obat ini bisa mengurangi kesadaran, mempengaruhi koordinasi, dan bisa membuat ketagihan.

Bipolar

Penelitian menunjukkan bahwa pengobatan farmakologis efektif dalam pengobatan jangka panjang untuk kelainan bipolar. Obat juga mengurangi relaps, memperbaiki kepatuhan pengobatan, dan mengurangi pasien masuk rumah sakit. Berikut tiga jenis obat utama:

  • Penstabil mood: Obat ini mengobati dan mencegah episode manik. Obat yang paling sering diresepkan adalah lithium. Namun, 50% pasien relaps dalam 5 bulan setelah berhenti menggunakan Lithium, yang berarti sangat mudah untuk mengalami ketergantungan pada obat ini.
  • Antidepresan: Obat ini digunakan untuk mengobati depresi, namun juga bisa digunakan untuk orang dengan kelainan bipolar dengan dosis yang lebih rendah dan dengan durasi yang lebih singkat. Antidepresan digabungkan dengan penstabil mood efektif untuk mencegah episode manik.
  • Antipsikotik: digunakan jika ada gejala psikotik seperti halusinasi atau delusi.

Orang dengan kelainan bipolar sering mengobati diri sendiri atau mengganti obat mereka tanpa berkonsultasi dengan dokter. Ini bisa mengakibatkan relaps pada episode manik. Ingat bahwa kelainan bipolar memerlukan waktu yang lama untuk disembuhkan, sehingga tetaplah monitor diri sendiri!

Skizofrenia

Pengobatan farmakologis biasanya adalah pengobatan utama untuk skizofrenia. Obat ini disebut antipsikotik dan mereka meringankan gejala seperti halusinasi dan delusi. Penstabil mood dan antidepresan juga sering diresepkan. Terapi farmakologis biasanya cukup efektif – hanya sekitar 10-20% orang tidak menunjukkan perbaikan gejala setelah minum obat. Namun, angka relaps cukup tinggi dengan obat, dengan 40% pasien mengalami relaps dalam 1 tahun.

Efek samping:

  • Sedasi
  • Efek samping ekstrapiramidal yang menyerupai Penyakit Parkinson, seperti pergerakan tidak normal, wajah meringis, bibir bergerak, tremor jari, jalan terseok-seok, ngiler, mengunyah, postur terputar
  • Kenaikan berat badan, diabetes, penyakit jantung
  • Abnormalitas darah

Sama seperti segala jenis kelainan mental, dokter dan pasien harus bekerja bersama untuk menemukan obat yang terbaik, dosis yang tepat, dan kombinasi yang optimal. Ingat bahwa semua orang itu berbeda!

Sumber

Better Health 2015a, Mental illness treatments, Department of Health & Human Services, accessed 16 September 2018, <https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/mental-illness-treatments>.

Beyond Blue. Medical treatments for anxiety. Accessed 15/09/2018. https://www.beyondblue.org.au/the-facts/anxiety/treatments-for-anxiety/medical-treatments-for-anxiety

Beyond Blue. Medical treatments for depression. Accessed 15/09/2018. https://www.beyondblue.org.au/the-facts/depression/treatments-for-depression/medical-treatments-for-depression

Black Dog Institute. Staying on course with bipolar disorder treatment. Accessed 15/09/2018. http://52.65.72.47/docs/default-source/factsheets/stayingoncoursewithtreatment.pdf

Black Dog Institute. Treatments for bipolar disorder. Accessed 15/09/2018. https://www.blackdoginstitute.org.au/clinical-resources/bipolar-disorder/treatment

Black Dog Institute. Treatments for anxiety. Accessed 15/09/2018. https://www.blackdoginstitute.org.au/clinical-resources/anxiety/treatment

WebMD. Which medications treat schizophrenia? Accessed 15/09/2018. https://www.webmd.com/schizophrenia/medicines-to-treat-schizophrenia#1