Memahami Kesehatan Mental

PTSD

MULAI

Apa itu PTSD?

Dalam buku Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5) terdapa bab yang membahas tentang gangguan-gangguan yang terkait dengan trauma dan stressor. Semua gangguan dalam bab ini memerlukan paparan peristiwa traumatis atau stres sebagai kriteria diagnostiknya. Daftar gangguan dalam bab ini adalah:

  • Gangguan kelekatan yang  Reaktif
  • Gangguan Keterlibatan Sosial
  • Gangguan Stres Pasca-trauma
  • Gangguan Stres Akut
  • Gangguan Penyesuaian

Diagnosis Gangguan Stres Pasca-trauma memerlukan paparan terhadap kematian atau ancaman kematian, cedera yang serius, atau kekerasan seksual. Paparan yang dimaksud antara lain:

  • Pengalaman traumatis yang dialami secara langsung
  • Menyaksikan peristiwa traumatis yang terjadi pada orang lain
  • Mengetahui bahwa peristiwa traumatis itu terjadi pada anggota keluarga / teman dekat. Dalam kasus kematian, peristiwa itu terjadi akibat kekerasan atau kecelakaan - Kamu tidak mungkin mengalami PTSD karena nenekmu yang berusia 90 tahun telah meninggal karena usia tua!
  • Mengalami paparan berulang atau ekstrem terhadap detail dari peristiwa traumatis tersebut

Penyebab PTSD

Sekitar 60% orang mengalami peristiwa traumatis dalam hidup mereka, tetapi kebanyakan orang pulih tanpa mengalami PTSD atau bahkan Gangguan Stres Akut. Sangat normal untuk merasa tertekan, tetapi perasaan tertekan akan turun secara substansial dalam waktu 3 bulan pada sekitar 75% orang.

Tidak ada satu pun penyebab pasti. Namun, ada beberapa faktor yang membuat kamu lebih berisiko terhadap PTSD. Faktor-faktor ini mungkin pra-trauma, selama trauma atau pasca-trauma.

Faktor risiko pra-trauma:

  • Trauma masa kecil
  • Riwayat kejiwaan sebelumnya
  • Ketidakstabilan keluarga
  • Penyalahgunaan zat
  • Keterbelakangan sosial / ekonomi

Faktor risiko trauma:

  • Tingkat ancaman atau kerugian jiwa yang tinggi. Kamu lebih cenderung mengalami stress terhadap kecelakaan serius atau kematian.  
  • Tingkat keparahan paparan elemen traumatis.
  • Lokasi trauma. Kamu akan lebih merasa tertekan jika lokasi itu berada di tempat yang kamu pikir aman sebelumnya.
  • Peran kamu dalam peristiwa traumatis. Kamu lebih mungkin tertekan jika kamu yang mengalaminya atau terlibat secara langsung.
  • Makna trauma. Jika kamu mengira peristiwa traumatis itu tidak terkendali, kamu akan lebih tertekan.

Faktor risiko pasca-trauma:

  • Kurangnya dukungan atau perawatan sosial
  • Stresor yang sedang berlangsung dan peristiwa stres lainnya
  • Jika kamu beradaptasi dengan cara yang tidak tepat atau buruk

Gejala dan tanda-tanda PTSD

Gejala Intrusi

Gejala intrusi adalah umum, di mana hal-hal tentang peristiwa tersebut memengaruhi kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat mencakup:

  • Ingatan yang berulang, tidak disengaja, dan mengganggu dari peristiwa traumatis
  • Mimpi yang menekan yang berhubungan dengan peristiwa tersebut
  • Reaksi disosiatif seperti kilas balik di mana seseorang merasa atau bertindak seolah-olah peristiwa traumatis itu sedang terjadi
  • Tekanan psikologis atau reaksi fisiologis yang intens atau berkepanjangan (mis. Detak jantung meningkat, berkeringat) ketika terpapar pada tanda-tanda internal atau eksternal terhadap peristiwa tersebut.

Gejala Menghindar

Tetapi yang umumnya terjadi adalah menghindar, di mana kamu menghindari hal-hal yang mengingatkan tentang peristiwa tersebut. Hal ini dapat mencakup:

  • Mencoba menghindari ingatan / pikiran / perasaan tertekan yang terkait dengan acara tersebut.
  • Berusaha menghindari pengingat eksternal (mis. Orang, tempat, percakapan, kegiatan, objek, situasi) yang membangkitkan ingatan / pikiran / perasaan tertekan berhubungan dengan acara tersebut.

Seiring waktu, kamu mungkin mulai menghindari lebih banyak hal yang mengingatkanmu pada peristiwa tersebut, dan ini dapat menjadi tidak terkendali. Misalnya, jika seseorang diserang di Central Park, New York, mereka mungkin mulai menghindari semua taman di New York, dan akhirnya semua taman, atau lebih buruk lagi, mereka mungkin menghindari keluar sama sekali. Itulah mengapa jika kamu berpikir bahwa kamu menderita PTSD, usahakan untuk sesegera mungkin mencari bantuan.

Mood rendah

Seseorang yang mengalami PTSD juga memiliki suasana hati yang buruk dan kognitif yang juga terpengaruh oleh suasana hati itu. Misalnya, orang mungkin merasa:

  • Ketidakmampuan untuk mengingat bagian penting dari acara tersebut
  • Perubahan negatif dalam cara seseorang melihat diri mereka sendiri, orang lain, atau dunia (mis. "Aku buruk" atau "Tidak ada yang bisa dipercaya")
  • Keyakinan yang salah tentang penyebab dan konsekuensi dari peristiwa tersebut, menyebabkan seseorang menyalahkan diri sendiri atau orang lain
  • Keadaan emosi negatif (mis. Kemarahan, rasa bersalah, malu, takut)
  • Kurang minat atau partisipasi dalam kegiatan yang dulu biasa dinikmati
  • Merasa terpisah dari orang lain
  • Ketidakmampuan untuk mengalami emosi positif (mis. Kebahagiaan, cinta)

Perilaku berubah

Seseorang yang mengalami PTSD juga telah mengubah perilaku. Seseorang mungkin menampilkan:

  • Perilaku yang mudah marah dan mengalami ledakan kemarahan terhadap orang atau benda
  • Perilaku sembrono atau merusak diri sendiri
  • Hypervigilance - bahwa kamu SELALU sadar akan lingkungan sekitar, sampai ke titik di mana kamu tidak dapat menikmati diri sendiri atau memikirkan hal lain
  • Respon mengejutkan berlebihan - respons yang kamu tampilkan ketika terkejut
  • Masalah dengan konsentrasi
  • Gangguan tidur

PTSD hanya dapat didiagnosis sebulan setelah kejadian traumatis. Jika dalam sebulan, itu adalah Gangguan Stres Akut.

Terapi dan dukungan

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk merawat diri sendiri, yang sering kali melibatkan perasaanmu. Misalnya, kamu dapat berbicara dengan seseorang yang kamu percayai (teman atau keluarga) tentang peristiwa tersebut dan bagaimana perasaanmu saat ini, atau tulis perasaanmu.

Tetapi jika kamu mengalami beberapa gejala yang tercantum di atas dan kesulitan untuk menjalani kehidupan sehari-hari, kamu harus mencari bantuan profesional. Langkah pertama adalah menghubungi dokter, yang mungkin merujukmu ke psikolog untuk membantu mencari strategi dan keterampilan adaptasi.

Cognitive Behavioural Therapy (CBT)

Terapi yang paling umum dan efektif yang ditemukan adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT). CBT biasanya mencakup:

  • Asesmen awal
  • Pencerdasan tentang apa itu PTSD (juga dikenal sebagai psikoedukasi)
  • Pelatihan teknik mengelola kecemasan
  • Restrukturisasi kognitif - mengubah cara berpikir tentang ingatan atau pengingat tertentu, dan pikiran secara umum
  • Paparan yang lama pada pengingat dan kenangan

Psikiater

Dokter mungkin juga menyarankanmu untuk menemui psikiater, yang dapat meresepkan obat untuk membantu mengurangi gejala. Resep yang paling umum adalah benzodiazepin dan antidepresan (seperti SSRI), yang keduanya merupakan obat penenang.

Sumber

American Psychiatric Association: Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5).

BrainLine: https://www.brainline.org/article/dsm-5-criteria-ptsd.

Allison Harvey and Richard Bryant: https://psycnet.apa.org/record/1999-01811-017.

ReachOut.com: https://au.reachout.com/articles/acute-stress-and-posttraumatic-stress-disorders.

ReachOut.com: https://au.reachout.com/articles/experiencing-trauma.