Memahami Kesehatan Mental

Self-harm

START

Apa itu menyakiti diri sendiri (Self-harm)?

Menyakiti diri sendiri adalah segala bentuk perilaku dimana seseorang secara sengaja menyakiti atau memutilasi diri mereka sendiri tanpa keinginan untuk meninggal. Tidak semua orang yang menyakiti diri sendiri ingin bunuh diri. Menyakiti diri sendiri biasanya terjadi dalam bentuk cara ekstrem untuk berusaha mengatasi perasaan yang membuat stres atau menyakitkan; hal ini sering dimulai pada masa remaja. Ada banyak cara dimana seseorang menyakiti diri, antara lain:

  • Memotong (mis. menggunakan pisau, silet atau gunting untuk memotong bagian tubuh)
  • Meracuni diri (mis. menelan obat dalam jumlah berlebih, obat ilegal, atau zat yang tidak dapat dikonsumsi seperti penghapus kuteks atau pemutih)
  • Membakar diri (mis. menggunakan rokok, zat asam, atau korek untuk membakar kulit)
  • Atau bentuk menyakiti lain seperti memukul diri, menarik rambut, memakan makanan yang mereka tahu mereka alergi, dan memakan dalam jumlah banyak atau puasa.

Ada juga perilaku lain yang tidak dianggap sebagai perilaku menyakiti diri tapi sangat berisiko dan bisa menyebabkan cedera seperti naik diatas gerbong kereta, mengemudi dengan kecepatan tinggi, penggunaan obat ilegal, atau praktik seksual tidak aman berulang-ulang.

Mengapa orang menyakiti diri sendiri?

Orang mungkin menyakiti diri mereka sendiri karena berbagai alasan, tapi seringkali bukan sebagai percobaan untuk mengakhiri hidup mereka. Terkadang ini adalah respon untuk mengatasi rasa sakit emosional atau stres yang intens, dimana orang tersebut mencoba untuk melegakan, mengontrol atau mengekspresikan rasa sakit tersebut. Terkadang, rasa sakit yang dialami seseorang bisa sangat sulit untuk dibahasakan, sehingga menyakiti diri juga bisa berperan sebagai cara meminta bantuan.

Penelitian menunjukkan bahwa menyakiti diri bisa menjadi gejala dari beberapa kelainan jiwa (mis. depresi, ansietas). Dan juga, orang-orang yang telah mengalami kekerasan emosional, fisik atau seksual, atau tinggal di lingkungan keluarga yang penuh stres dan kritis juga lebih rentan menyakiti diri sendiri.

Menyakiti diri sendiri hanya akan memberikan kelegaan jangka pendek dari sakit emosional, dan tidak menyelesaikannya. Malahan, menyakiti diri bisa menjadi kompulsif dan berbahaya, dan dapat juga menyebabkan hasil yang fatal jika tidak ditangani dengan benar.

Mengatasi dan mencari bantuan untuk menyakiti diri

Penting untuk berusaha dan berbicara pada seseorang jika kamu menyakiti diri sendiri. Memberitahu orang dewasa yang kamu percaya bisa membantu untuk memastikan keamanan kamu sebelum kamu bisa mengakses bantuan medis jika diperlukan. Sangat membantu untuk bertemu dokter, psikologis, atau konselor untuk pemeriksaan dan diagnosis, karena mereka dapat menyarankan atau mencari cara yang lebih aman dan lebih baik untuk mengatasinya. Dan juga, menangani alasan yang mendasari tindakan menyakiti diri bermanfaat dalam jangka panjang, dan juga dapat menghentikan impuls untuk menyakiti diri.

Seorang psikologis adalah ahli dalam bidang ini, dan akan mengetahui cara terbaik untuk membantu menangani stres dan mengurangi menyakiti diri sendiri. Selama sesi konseling, kamu dapat belajar memecahkan masalah, berkomunikasi, atau mengatasi rasa sakit dengan lebih baik. Banyak orang merasa sulit melakukan konseling, karena menyakiti diri bisa mengakibatkan rasa bersalah, marah, atau malu. Penting untuk memahami bahwa ini adalah respon emosional yang sangat umum dan jika kamu terbuka untuk ikut konseling, konseling dapat membantu kamu untuk merasa lebih lega dalam jangka panjang. Jika anda memiliki pikiran bunuh diri, sebaiknya kamu mencari seorang profesional atau menelpon rumah sakit lokal.

Mendukung seseorang yang menyakiti diri sendiri

Jika teman atau anggota keluarga kamu menyakiti diri mereka, penting untuk diingat mereka mungkin menyembunyikan atau malu akan tindakan mereka. Berusahalah untuk membuat orang tersebut merasa aman membahas tindakan mereka. Kamu bisa melakukan ini dengan tetap tenang dan mempertahankan sikap terbuka. Jangan marah pada orang tersebut karena itu tidak akan membantu menghentikannya untuk menyakiti dirinya. Cobalah mendukung mereka untuk mencari dokter atau profesi kesehatan lain untuk mendapatkan bantuan.

Juga sangat penting untuk bertanya jika mereka merasa ingin bunuh diri. Jika mereka merasa ingin mengakhiri hidup mereka, segera hubungi atau pergi ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan mental/jiwa lokal anda untuk mendapatkan bantuan profesional.

Jangan lupa bahwa kamu tidak bisa menghentikan seseorang menyakiti diri, dan bukan tanggung jawab kamu jika mereka melakukannya. Kamu hanya bisa melakukan yang terbaik untuk mendukung mereka mencari bantuan. Juga penting untuk mengerti bahwa mendukung seseorang yang menyakiti diri bisa membuatmu stres, jadi jangan lupa untuk berbicara pada seseorang dan mendukung diri kamu sendiri.