
Belajar
EN

Kesehatan Mental Sehari-hari

Gaya Hidup dan Kesehatan Mental

Di halaman ini

Sumber

Gaya Hidup dan Kesehatan Mental

Faktor gaya hidup seperti olahraga, diet, dan self-care (merawat diri) dapat memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan atau pencegahan penyakit mental. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana hal-hal tersebut dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesehatan mental.

‍

Olahraga dan Kesehatan Mental

Perkembangan berikut ini berhubungan dengan latihan teratur:

  • Kesehatan kardiovaskular yang lebih baik
  • Otot dan tulang yang lebih kuat
  • Suasana hati yang membaik
  • Fungsi otak meningkat
  • Penurunan tingkat stres, kecemasan, dan depresi
  • Risiko terkena penyakit mental lebih rendah

Hasil-hasil ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan penerimaan otak terhadap hormon suasana hati positif. Hormon-hormon ini, termasuk di antaranya adalah serotonin yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres, serta endorfin yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kebahagiaan.

Olahraga dapat berupa berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Dianjurkan untuk berolahraga sekitar 30 menit sehari. Untuk orang yang sibuk mungkin dapat dibantu dengan melakukan olahraga ini dalam rutinitas sehari-hari, seperti berjalan kaki ke transportasi umum atau bersepeda ke sekolah. Jika kamu merasa terlalu gugup atau malu untuk berolahraga, mengajak anggota keluarga atau teman dekat untuk berolahraga bersama dapat membantu kamu merasa lebih nyaman dan terdukung melalui proses itu.

‍

Diet dan Kesehatan Mental

Kaitan antara diet dan kesehatan mental mungkin tidak disangka-sangka, namun ternyata banyak literatur ilmiah yang berkembang membahas tentang jaringan antara usus dan otak, serta menemukan kaitan penting antara pola makan, kesehatan usus, dan otak kita.

Manfaat makan sehat meliputi:

  • Peningkatan energi
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Pengurangan risiko depresi
  • Mengurangi gejala depresi

Makan makanan yang tidak sehat bisa menjadi strategi koping yang digunakan orang-orang untuk menghilangkan stres. Makanan tinggi lemak jenuh dan gula berinteraksi dengan dopamin dengan cara yang mirip dengan zat adiktif lainnya, yang berarti kebiasaan buruk ini bisa menjadi sulit untuk diubah. Efek negatif dari diet yang tidak sehat dapat menambah masalah kesehatan mental yang ada atau dapat berperan dalam mengembangkan penyakit kesehatan mental. Biasanya disarankan agar secara teratur mengkonsumsi campuran buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mengurangi asupan makanan olahan dan daging merah.

‍

Self-care dan Kesehatan Mental

Self care atau merawat diri merupakan hal yang penting sekaligus unik bagi setiap orang. Secara umum, merawat diri mengacu pada tindakan menjaga dan memelihara kesehatan fisik dan mental seseorang.

Ada banyak cara berbeda yang dapat digunakan untuk mempraktikkan tindakan merawat diri yang tergantung pada kebutuhan dan minat individu. Apapun aktivitasnya, penting untuk mempraktekkan tindakan merawat diri karena dapat membangun kemampuan untuk mengelola stres dan meningkatkan daya tahan.

Contoh merawat diri meliputi:

  • Olahraga
  • Tidur yang cukup
  • Memelihara dan menjaga hubungan pribadi
  • Melatih konsentrasi
  • Menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti membaca buku di tempat tidur, mendengarkan musik, atau memasak

‍

Anderson, E., & Shivakumar, G. (2013). Effects of exercise and physical activity on anxiety. Frontiers in psychiatry, 4, 27-27. doi:10.3389/fpsyt.2013.00027

Cotman, C. W., Berchtold, N. C., & Christie, L.-A. (2007). Exercise builds brain health: key roles of growth factor cascades and inflammation. Trends in Neurosciences, 30(9), 464-472. doi:10.1016/j.tins.2007.06.011

DHHS. (2002). PHYSICAL ACTIVITY FUNDAMENTAL TO PREVENTING DISEASE. Retrieved from https://aspe.hhs.gov/basic-report/physical-activity-fundamental-preventing-disease

Dunbar, R. I. M., Baron, R., Frangou, A., Pearce, E., Van Leeuwen, E. J. C., Stow, J., . . . Van Vugt, M. (2012). Social laughter is correlated with an elevated pain threshold. Proceedings of the Royal Society B, 279(1731), 1161-1167. doi:10.1098/rspb.2011.1373

Edward R. Laskowski. (2018). How much should the average adult exercise every day? Retrieved from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/exercise/faq-20057916

Food and Mood Centre. (2016). DIET AND MENTAL HEALTH. Retrieved from https://foodandmoodcentre.com.au/diet-and-mental-health/

Lai, J. S., Hiles, S., Bisquera, A., Hure, A. J., McEvoy, M., & Attia, J. (2014). A systematic review and meta-analysis of dietary patterns and depression in community-dwelling adults. In J. S. Lai (Ed.), (Vol. 99, pp. 181-197).

O'Neil, A., Quirk, S. E., Housden, S., Brennan, S. L., Williams, L. J., Pasco, J. A., . . . Jacka, F. N. (2014). Relationship between diet and mental health in children and adolescents: a systematic review. In A. O'Neil (Ed.), (Vol. 104, pp. e31-e42).

Sathyanarayana Rao, T.S. Asha, M. Ramesh, B. Jagannatha Rao, K. (2008) Understanding nutrition, depression and mental illnesses. Indian Journal of Psychiatry.  Volume 50 issue 2 pg 77-82

Young S. N. (2007). How to increase serotonin in the human brain without drugs.

Journal of psychiatry & neuroscience : JPN, 32(6), 394–399.(Edward R. Laskowski, 2018)

Beyond Blue - Exercise your way to good mental health https://www.beyondblue.org.au/personal-best/pillar/supporting-yourself/exercise-your-way-to-good-mental-health

Health Direct https://www.healthdirect.gov.au/exercise-and-mental-health

Nutritional psychiatry: Your brain on food - Eva Selhub https://www.health.harvard.edu/blog/nutritional-psychiatry-your-brain-on-food-201511168626

Food and Mood centre - Diet and mental health https://foodandmoodcentre.com.au/diet-and-mental-health/

Better Health Victorian government https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/exercise-and-mental-health

Everymind Self care https://everymind.org.au/need-help/self-care

Mind - mental health problems and self care https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/mental-health-problems-introduction/self-care/


Kembali ke atas
