
Trigger Warning
Artikel ini mengandung informasi mengenai bunuh diri yang mungkin mengganggu bagi beberapa orang.

Find Help

Cari Bantuan
Baca dalam Bahasa Indonesia
Read in English

Ingin Bunuh Diri - Bagaimana Aku membuka diri tentang itu?

Satu halangan yang menghambat kebanyakan orang dalam mencari bantuan adalah merasa canggung untuk berbicara tentang ingin bunuh diri.

Jadi mengapa begitu sulit untuk berbagi pikiran tentang bunuh diri kepada orang lain?

Satu hal yang pasti, hal ini merupakan sesuatu yang sangat personal untuk diungkapkan sehingga masuk akal untuk merasa gugup atau takut akan memberitahu orang-orang mengenai ini. Mungkin dikarenakan stigma dan rasa takut terhadap penilaian, atau mungkin ada perasaan bersalah untuk merasa ingin bunuh diri. Atau juga karena kita tidak tahu bagaimana orang lain akan bereaksi; apakah akan negatif? Kecewa? Dan mungkin kita rasa tidak perlu untuk memberitahu orang lain, karena apakah menceritakannya kepada orang lain dapat melenyapkan pikiran tersebut secara ajaib?

‍

Aku rasa tidak, namun mengapa kita tetap harus mempertimbangkan untuk memberitahu orang lain?
• Dapat menjadi sebuah support
• Untuk merasa tidak sendirian
• Atau mungkin untuk membuatmu merasa kamu telah melepaskan "rahasia" ini
• Untuk berbagi dan berhubungan dengan orang yang mengalami hal yang sama
• Untuk berbagi dengan seorang profesional yang dapat membantu melewati perasaan-perasaan ini.
• Titik awal untuk mendapatkan bantuan

‍

Sekarang jika kamu memutuskan untuk memberitahukan seseorang, mungkin akan merasa bingung bagaimana memulai.

Pertama-tama, penting untuk menemukan orang tepat yang kamu percayai atau yang dekat dengan kamu; seseorang yang kemungkinan dapat mengerti. Beritahu mereka kalau kamu ingin membicarakan sesuatu yang serius. Jelaskan kepada mereka keadaanmu, apa yang kamu rasakan dan mengapa kamu merasa seperti itu. Ambil waktumu untuk membiarkan mereka tahu apa yang terjadi dan ingat mereka mungkin berbeda reaksinya. Mereka mungkin akan terperanjat atau terkejut. Beri mereka waktu untuk memproses dan biarkan mereka respon ketika mereka siap. Kamu mungkin juga ingin tahu bagaimana mereka dapat membantumu.

Hal yang disayangkan adalah, kita tidak dapat mengendalikan reaksi orang lain dan terkadang, orang yang kamu ceritakan bereaksi secara negatif. Orang-orang yang kamu percayai atau orang yang kamu pikir seharusnya menyayangimu tanpa syarat dapat menghakimi atau acuh tak acuh; aku berharap kamu mengerti bahwa hal ini membutuhkan waktu bagi mereka untuk sepenuhnya mengerti apa yang sedang kamu lalui. Coba memberi mereka informasi mengenai kesehatan mental dan biarkan mereka tahu bahwa reaksi mereka yang negatif menyakiti dan tidak membantu. Aku rasa penting juga untuk mengerti bahwa mengetahui seseorang yang disayangi ingin bunuh diri dapat menjadi hal yang sulit, biarkan mereka memproses dan belajar. Ini bukan berarti kamu harus menyembunyikan semua perasaanmu, berbicara kepada seseorang mungkin juga dapat membantumu.

Seperti… psikologmu atau psikiater kesehatan mental profesional. Mungkin kamu akan merasa aneh untuk memberitahu seseorang kamu tak kenal sama sekali, sesuatu tentang dirimu yang sangat personal dan sesuatu yang bisa menakuti dirimu sendiri juga tapi seorang psikolog atau seorang profesional dapat membantumu melewati perasaan-perasaan tersebut. Melewati apa yang kamu rasakan, mengapa kamu merasa seperti itu dan bagaimana cara untuk mencegahnya. Mereka dapat bekerja sama denganmu untuk mengenali pemicu dan menemukan mekanisme coping atau cara-cara melalui pemicu tersebut. Mereka dapat membantumu dan memberimu tips ketika menghadapi pikiran-pikiran ini.

Memberitahu seseorang bahwa kamu ingin bunuh diri dapat menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan dan terkadang dapat menjadi sangat menegangkan, maka jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri jika tidak dapat berbicara mengenai hal tersebut, akan tetapi ketahuilah bahwa bantuan ada di luar sana dan ini dimulai dengan membiarkan seseorang tahu.


Pelajari pencegahan bunuh diri lebih lanjut di Seribu Tujuan

‍

Apabila seseorang yang kamu kenal berada dalam kondisi gawat berkaitan dengan bunuh diri, kamu dapat membawanya ke rumah sakit atau menghubungi saluran darurat di 119. Apabila kamu  atau seseorang yang kamu kenal mengalami krisis dalam kesehatan mental, hubungi nomor-nomor di bawah ini yang menyediakan layanan dukungan saat krisis.

  1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
  2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 8320467
  3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
  4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
  5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

‍