Tips Menjadi Teman yang Suportif berdasarkan 5 Love Languages

Beberapa dari kita mungkin merasa kesulitan untuk menunjukan rasa peduli dan kasih sayang kepada teman, terutama ketika kita bahagia atas pencapaian yang berhasil mereka dapatkan atau merasa bangga atas teman kita. Hal ini mungkin disebabkan karena kita tidak terbiasa untuk menunjukkan emosi dan perasaan yang kita rasakan. Bagaimana kita dibesarkan atau pola pengasuhan dapat berdampak kepada ekspresi emosional, misalnya jika kita jarang mendapatkan pujian dari orang tua kita sewaktu kecil, mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk memberikan pujian terhadap teman kita.

Merasa tidak yakin dalam menunjukkan dukungan kepada teman dengan cara yang tepat dapat menyebabkan keterbatasan komunikasi sehingga teman kita dapat merasa kurang diapresiasi. Untuk itu, yuk sama-sama kita cari cara untuk menunjukkan afeksi dan apresiasi yang tepat untuk teman kita!

Kerangka yang dibuat oleh Dr. Gary Chapman, ‘5 Love Languages’ bisa sangat membantu kita untuk menilai tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjadi teman yang suportif tanpa harus membuat situasi stres dan tidak nyaman untuk diri sendiri. ‘5 Love Languages’ terdiri dari” kata-kata afirmasi (words of affirmation), waktu yang berkualitas (quality time), memberikan hadiah (gift giving), memberikan bantuan (acts of service), dan sentuhan fisik (physical touch).


Kata-kata afirmasi (Words of affirmation)

Kata-kata afirmasi merupakan kata-kata yang dikatakan secara verbal maupun tulisan yang bersifat validasi dan mendukung teman kita dalam bentuk positif.

Contoh dari kata-kata afirmasi adalah:

  • “Aku mengagumi kerja kerasmu”
  • “Dedikasi kamu terhadap pekerjaan/sekolah sangat menginspirasi!”
  • “Aku bangga padamu”
  • “Kerja bagus!”

Dengan mengakui kerja keras yang dilakukan temanmu, kamu telah memberikan dukungan positif dan memberitahu mereka bahwa kamu mendukung mereka.


Waktu yang Berkualitas (Quality Time)

Kalau kamu merasa tidak nyaman dengan mengatakan emosi yang kamu rasakan, memberikan waktu yang kamu miliki untuk melakukan berbagai hal bersama temanmu bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan dukungan yang kamu berikan. Waktu yang berkualitas bisa berupa perhatian khusus terhadap temanmu ketika kalian melakukan kegiatan menyenangkan bersama-sama. Kegiatan tersebut bisa berupa mendengarkan lagu bersama, menonton film bersama, atau bermain games bersama. Kamu juga bisa menggunakan waktu ini untuk memberikan selamat pada mereka atas pencapaian yang mereka dapat tanpa harus menunjukkan emosi secara signifikan.


Memberikan hadiah (Gift Giving)

Cara lain untuk menunjukkan dukungan terhadap teman tanpa harus menunjukkan emosi secara langsung adalah memberikan hadiah. Dengan memilih atau membuat hadiah yang kamu lakukan dengan hati, temanmu dapat melihat seberapa besar dukungan dan apresiasimu terhadap mereka. Misalnya, setelah mendengar temanmu mendapat promosi di kantor, kamu bisa membuatkan mereka kue buatanmu atau memberikan mereka lilin aromaterapi.


Memberikan bantuan (Acts of Service)

Memberikan bantuan termasuk apapun yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban yang dimiliki oleh temanmu. Hal ini bisa berupa mengajak anjing peliharaan mereka berjalan-jalan atau mengambilkan laundry pakaian mereka. Memberikan bantuan merupakan tindakan ideal jika temanmu juga merupakan teman sekamarmu. Dengan memberikan bantuan kamu telah mengatakan dengan tindakan bahwa kamu mengetahui seberapa keras mereka bekerja dan kamu mendukung mereka.


Sentuhan fisik (Physical Touch)

Sentuhan fisik dapat berupa tos (high five), menepuk punggung mereka, fist bump, dan sebuah pelukan. Sentuhan fisik dapat menunjukkan bahwa kamu ada untuk temanmu serta kamu peduli, mendukung, dan turut ikut senang dengan mereka. Tetapi perlu diingat bahwa beberapa orang tidak nyaman dengan interaksi fisik sehingga kamu bisa menunjukkan dukunganmu dengan cara lainnya.

Kalau ingin tahu Love Language apa yang cocok untuk kamu atau temanmu, yuk ikutan kuis ini!

References
Sumber