Tips untuk Berhenti Menarik-narik Rambutmu (Trikotillomania)

Trikotillomania- sebuah tindakan menari-narik rambut merupakan hal yang sulit untuk diatasi. Tindakan kompulsif ini mengenai jutaan orang, dan seringkali disertai perasaan cemas.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantumu mengatasi hal ini:

Kenali pencetusnya

Apa yang terjadi sesaat sebelum kamu menarik-narik rambutmu? Apakah hanya kejadian-kejadian tertentu yang membuatmu merasa seperti itu? Akan lebih membantu dengan mencatatnya di buku tulis, sehingga kamu dapat mencatat dan mengetahui waktu dan hal-hal yang terjadi  sesaat sebelum kamu menarik-narik rambutmu.


Kenali perasaanmu

Apa yang kamu rasakan sebelum kamu memiliki keinginann yang kuat untuk menarik rambutmu? Apakah kamu merasa marah? Atau cemas? Atau terusik? Seringkali, saat seseorang merasa cemas, tindakan menarik rambut untuk meredakan perasaan cemas mereka dan memberikan kelegaan. Perasaan lega inilah yang membentuk kebiasaan menarik-narik rambut.

Memahami apa yang menyebabkan tindakan ini / perasaan cemas dapat membantumu untuk menemukan cara lain untuk menghadapi situasi yang terjadi.

Membuat rencana

Rencana yang paling umum digunakan yang mungkin dapat membantu adalah – Menyadari, Mengalihkan, dan Memilih. Metode ini cukup sederhana. Perhatikan kapan kamu ingin menarik rambutmu, lalu alihkan pikiranmu dan pilihlah untuk tidak menarik rambutmu, serta cobalah untuk fokus pada cara- cara lain yang dapat melegakan perasaanmu. Tentu saja hal ini mudah, namun, akan sangat membantu untuk menyadari proses berpikirmu.

Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan selain menarik rambutmu:

  • Meremas stress ball
  • Menggunakan fidget toy
  • Jika kamu menarik rambutmu dari kepala, gunakan topi yang menutup rapat kepalamu atau ikat rambutmu
  • Gunakan karet gelang pada pergelangan tanganmu. Gunakan untuk menjepret tanganmu setiap kamu merasa ingin menarik rambutmu.

Cari dukungan dari orang-orang terdekat

Membicarakan masalah ini mungkin dapat membuatmu merasa kamu tidak sendirian dalam menghadapi ini. Kamu dapat bercerita kepada teman atau anggota keluarga yang kamu percaya, atau kamu juga bisa bergabung dalam sebuah support group. Jika kamu merasa terbantu dengan mempunyai seorang pengingat untuk tidak menarik rambut, minta teman atau keluargamu untuk mengingatkanmu. Bergabung dalam sebuah support group juga dapat memberimu kesempatan untuk menempatkan dirimu di antara orang-orang dengan kondisi yang sama denganmu, yang mungkin memiliki ide atau cara menghadapi kondisimu yang belum pernah terpikirkan oleh dirimu.


Bersikap baik terhadap dirimu sendiri

Jika kamu terkadang menarik rambutmu, tidak apa-apa. Pada saat seperti ini, ingatkan dirimu tentang hal-hal positif dalam dirimu atau ubahlah pikiran negatif tersebut menjadi hal yang positif, seperti:

“Aku merasa bodoh, aku tak pernah bisa mengontrol kebiasaanku dalam menarik-narik rambut.” menjadi “Tidak apa-apa, aku sudah bisa mengontrol setidaknya 2 kali dan ini benar-benar tidak disengaja. Lain kali, aku harus bisa mengontrol 3 kali.”

Pelajari trikotillomania lebih lanjut di Seribu Tujuan


References
Sumber